...:: Wellcome At Bahraen Blog ::...
 
 
Sunday, December 31, 2006
Tangan - tangan Allah
Suatu hari saya ditanya oleh mursyid saya dalam sebuah pertemuan rutin, atau majlis ta'lim, dengan pertanyaan diatas. Saya kaget dan bingung untuk menjawab, karma ketidak tahuan saya mencoba untuk diam sambil menyimak, tapi rupanya mursyid saya kembali bertanya, dan saya kembali berfikir untuk menjawab. Memang saya pernah membaca didalam al-Qur'an, bahwa Allah swt pernah berfirman :

10. Bahwasanya orang-orang yang berjanji setia kepada kamu Sesungguhnya mereka berjanji setia kepada Allah. tangan Allah di atas tangan mereka, Maka barangsiapa yang melanggar janjinya niscaya akibat ia melanggar janji itu akan menimpa dirinya sendiri dan barangsiapa menepati janjinya kepada Allah Maka Allah akan memberinya pahala yang besar.

dan rasulullah juga pernah bersabda " tangan Allah bersama jamaah " tapi apakah benar tangan disini berarti tangan seperti tangan yang kita punya ? saya sempat bertanya pada diri sendiri, tapi bingung. Mursyid saya kembali menegur, " ayo coba jawab ", saya beranikan diri untuk menjawab " ada " Cuma itu yang bisa saya jawab. Lalu mursyid saya mengatakan " hati hati karna jika kamu jawab iya, kamu bisa jatuh kepada syirik dan jika kamu bilang tidak, maka kamu bisa jatuh kepada ingkar, lalu bagaimana jalan tengahnya ? dengarkan baik baik" saya pun mulai mendengarkan, berharap semoga saya bisa faham, lalu beliau mulai menjelaskan " didalam al-Qur'an Allah swt berfirman " Tangan Allah diatas tangan mereka" demikian juga rasulullah saw pernah bersada " tangan Allah bersama jamaah", sekali lagi benarkah tuhan memiliki tangan ? jika kalian Cuma menjawab iya, maka kalian salah, begitu juga jika kalian menjawab tidak, kalian juga salah, karna jawabannya adalah keduanya. Ketika kalian ditanya, dengan tangan mana kalian bertepuk ? tentu salah jika kita jawab kiri saja, atau kanan saja, sebab kiri dan kanan sama sama melakukan tepukan, demikian juga jika kalian ditanya siapakah orang tua kalian ? salah juga jika kita jawab bapak saja, atau ibu saja, melainkan kedua duanya. Nah... demikian juga dengan jawaban untuk pertanyaan ini, jawabannya adalah : tuhan memiliki tangan dan tidak. Tangan yang Allah miliki bukanlah tangan pada zatNya, waliyazubillah, melainkan tangan pada hamba pilihanNya, seperti tangan para Rasul, nabi atau wali. Coba perhatikan ayat Qur'an diatas, Allah berfirman " tangan Allah diatas tangan mereka ", ayat ini turun ketika Rasulullah membaiat para sahabat dan ketika itu tangan rasulullah berada paling atas, sehingga Allah berfirman "diatas tangan mereka" bukan " diatas tangan kalian" sebab jika Allah berfirmah " tangan Allah diatas tangan kalian" maka Rasulullah masuk kedalam golongan "kalian" tapi sebaliknya, Allah ingin menjelaskan kepada kita, bahwa " tangan Allah (tangan Rasulullah) diatas tangan mereka ". namun jangan salah memahami, jangan sampai kalian beranggapan bahwa Allah bersemayang didalam jasad para Rasul, nabi ataupun wali, tidak, sama sekali tidak, tapi tangan para Rasul,nabi dan wali adalah tangan Allah, karna tangan mereka ibarat polpen diatas kertas, apalah dayanya polpen jika tangan yang menggerakkannya. Selanjutnya Allah juga tidak memiliki tangan, artinya Allah tidak memiliki tangan pada zatNya, sebab kita tidak tau bahkan dilarang untuk sekedar memikirkan zatNya, apalagi sampai berani mengatakan zat Allah memiliki tangan, waliyzubillah, karna jika kita sampai berani mengatakan seperti itu, maka kita tak ubahnya seperti kaum Nasrani. " kami yang hadir saat itu begitu kagum dengan ilmu yang beliau sampaikan, rasa penasaran ingin tau jauh lebih banyak lagi membuat saya bertanya kembali " bisakah guru berikan kami contoh , agar kami bisa lebih gampang untu memahaminya " beliau langsung menjawab " contoh kecil, jika saya mengatakan bahwa mobil yang parkir didepan itu adalah Mobil saya, maka apa apa yang ada didalamnya juga milik saya, jika saya lepas perangkatnya, maka saya masih bisa bilang, ini kaca mobil saya, ini kursi mobil saya, ini spion saya, ini stir saya dan seterusnya, itu karna saya sudah memiliki semuanya, maka bagain bagian kecilnya pun menjadi milik saya, dan kesemuanya tidak termasuk bagian dari saya melainkan milik saya. Beda dengan hidung saya, mata saya, tangan saya, saya memilikinya tapi hidung, mata dan tangan adalah bagian dari saya. Jadi... apa apa yang saya miliki terbagi menjadi dua :
1. Bentuknya kepemilikan (nasab milkiyyah)
2. Bentuknya bagian atau anggota (nasab juziyyah)
Maka ketika Allah berfirman " tangan Allah diatas tangan mereka " bukan berarti tangan zat Allah yang menjadi bagian dari zatNya, melainkan tangan yang Allah miliki. Didalam ayat yang lain Allah berfirman :

1. Maha Suci Allah, yang Telah memperjalankan hamba-Nya pada suatu malam dari Al Masjidil Haram ke Al Masjidil Aqsha yang Telah kami berkahi sekelilingnya agar kami perlihatkan kepadanya sebagian dari tanda-tanda (kebesaran) kami. Sesungguhnya dia adalah Maha mendengar lagi Maha Mengetahui.
jika Allah telah memiliki Rasulullah secara kesulurhan maka apapun yang rasulullah miliki juga milik Allah, tangan, mata, bahkan kaki. Dalam sebuah hadis rasulullah pernah bersabda " tidaklah seseorang mendekatkan diri dengan mengerjakan ibadah sunnah hingga aku mencintainya....... maka aku adalah tangannya, mata dan kaki yang ia pakai berjalan " jadi tangan para rasul, nabi dan wali adalah tangan Allah, tapi sekali lagi bukan tangan bagian dari zatNya, melainkan tangan miliknya yang jelas terpisah dengan zatNya." Subhanallah, kami hanya bisa taajub mendengarkan penjelasan beliau, dan tak sampai disini, beliau kembali menjelaskan " ingatkah kalian kisah nabi Musa bersama sayyidin Khidr As, ketika dalam perjalanan, nabi Musa dikagetkan dengan berbagai macam kejadian, diantaranya adalah, ketika sayyidina Khidr membunuh anak kecil, salahkah beliau? Apakah Allah berfirman bahwa karna perbuatannya ini beliau diazab dan dimasukkan kedalam neraka ? ataukah malah Allah menjadikan beliau sebagai guru bagi Nabi Musa as. Jadi tangan yang membunuh itu bukan tangan atas kehendak beliau, melainkan itulah tangan milik Allah, dan terserah Allah mau dibunuh atau diapain, tangan sayyidina khidr adalah tangan milik Allah dan anak kecil itu adalah ciptaanNya, tidak ada yang akan menggugat sayyidan Khidr, karna jika kalian menggugatnya berarti kalian juga menggugat Allah, sedangkan Allah tidak ditanya kenapa begini dan begitu, melainkan kitalah yang ditanya kenapa kamu begini dan begitu.

23. Dia tidak ditanya tentang apa yang diperbuat-Nya dan merekalah yang akan ditanyai.
Demikian juga ketika nabi Musa membunuh pemuda mesir lalu melarikan diri, perbuatan itu juga tidak dianggap kriminal, sebab tangan yang membunuh adalah tangan milik Allah saw. Tapi jangan samakan tangan rasul, nabi atau wali dengan tangan kalian, jika sampai terjadi , maka kalian bisa kena hukuman kisos, atau penjara seumur hidup ".
Tak terasa sudah malam, meski kami duduk sekian jam, tapi malam itu kami merasa puas sekali, tak ada hidangan yang paling enak se enak hidangan kekasih Allah, tidak ada ilmu seindah ilmu Allah, dan terimakasih guru.
Diakhir kata, mursyid saya berkata " ini semua saya dapatkan dari maha guru kita, maka berterimakasihlah kepada beliau dan kepada Allah saw" terimakasih guru, sebab denganmulah kami bisa meniti jalan yang benar, terimakasih, dan hanya hadiah bacaan fatehah yang bisa kami kirimkan.
Sekian dan wassalam.
Uballigukum risalati robbi wa huwa lakum nasihun Amin
posted by Saipul Bahraen @ 10:58 AM  
0 Comments:
Post a Comment
<< Home
 
 
ProfilQu

Photobucket - Video and Image Hosting
Saipul Bahraen, Lc

Live in Nasr City, Cairo-Egypt
Lahir di Lombok. s1 di universitas al-Azhar, Kairo. Bagi yang ingin berkenalan, silahkan email ke di idqu2006@yahoo.com

ArsipQu
Archives
Bacaan Arab
Nambah Wawasan
  • Kompas
  • Suaramerdeka
  • Burhamindo.tk
  • Gatra
  • Detik News
  • Liputan 6
  • Jawa Pos
  • Republika
  • Islam Liberal
  • Tempo
  • Astaga
  • Al Jazeera
  • Sharqal Awsat
  • Amr Khaled
  • Yusuf Qardlawi
  • Wikipedia
  • Monbiot
  • Maktabah
  • LSI
  • Antara
  • Radio Nederland
  • ICRP
  • Imparsial
  • ESQ
  • Forum Politisi
  • Sami Yusuf
Ingat Waktu
Pesan Anda
Name :
Web URL :
Message :
:) :( :D :p :(( :)) :x
Anda No
Ingat Hari

Get your own calendar
Waktu Shalat

Radio
KasKusRadio - Indonesian Radio
Keliling Blog
Universitas se Indonesia

Link Pribadi
Sponsor by
Free Blogger templates Blog Tutorial
Get Firefox!
Get Thunderbird!
Blogger Indonesia
KampungBlog.com - Kumpulan Blog-Blog Indonesiacenter>blog-indonesia
â??   Subscribe in NewsGator Online   Subscribe in Rojo   Add 'Blogger Indonesia A. Fatih Syuhud Weblog' to Newsburst from CNET News.com   Subscribe in FeedLounge   Add 'Blogger Indonesia A. Fatih Syuhud Weblog' to ODEO   Add to netvibes   Add to The Free Dictionary   Add to Bitty Browser   Add to Plusmo   Subscribe in NewsAlloy   Add to netomat Hub   Add Blogger Indonesia to Technorati Favorites!     A-List Blogger   Check Page Ranking   Free Shoutbox Technology Pioneer